Liga Italia Buka Sejarah Kartu Hijau

Chiavari – Sejarah tercipta di negara Italia saat penyerang klub Serie B klub Vicenza yaitu, Cristian Galano mendapatkan kartu hijau setelah dirinya dinilai berperilaku sportif saat timnya bertemu dengan Virtus Entella, di Stadio Comunale, Chiavari pada hari ini.

Liga Italia Buka Sejarah Kartu Hijau

Kartu hijau sudah digunakan sejak dari bulan Januari lalu di Serie B Italia. Akan tetapi, Galano menjadi pemain pertama yang berhasil mendapatkan sebuah apresiasi tersebut. Adapun kegunaan kartu hijau tersebut yang digunakan untuk meningkatkan fair-play selama laga berlangsung.

Pengurus dari Serie B Italia akan mengumumkan siapa saja pemain-pemain yang mendapat kartu hijau itu pada setiap akhir bulan mendatang. Nantinya, di akhir musim, pemain yang paling banyak mengoleksi kartu tersebut akan mendapatkan penghargaan khusus.

Momen Galano mendapatkan kartu hijau dari wasit yang tercipta di babak kedua. Galano secara sportif membuat wasit sadar bahwa dirinya telah salah dalam mengambil keputusan memberikan Vicenza tendangan pojok karena bola tak menyentuh pemain Virtus Entella sama sekali.

Setelah melihat inisiatif Galano tersebut, wasit pun mengubah keputusannya dengan memberikan tim tuan rumah tendangan gawang.

Presiden dari Serie B, Andrea Abodi juga mengatakan, selain untuk meningkatkan fair play kartu hijau ini juga dapat digunakan untuk mempromosikan kasta kedua Liga Italia. Lantaran selama ini kompetisi itu pernah tercoreng dengan berbagai skandal pengaturan skor.

Ini merupakan sebuah penghargaan yang bersifat simbolik. Dan perihal ini dapat menjadi hal yang sangat sederhana. Hal terpenting adalah untuk mengenal ketika ada seorang pesepak bola profesional memberikan contoh. Menurut saya, sepak bola butuh pesan positif seperti ini,” kata Abodi.