Mantan Pelatih Brasil Beri Kritik ke Guardiola

Manchester – Vanderlei Luxemburg yang merupakan mantan pelatih tim nasional Brasil, menilai Pep Guardiola lebih cocok untuk menjadi seorang ahli pemasaran (marketing) ketimbang sebagai pelatih.

Mantan Pelatih Brasil Beri Kritik ke Guardiola

Guardiola pada saat ini masih berstatus sebagai manajer Manchester City. Tetapi, untuk beberapa waktu lalu, manajer asal Spanyol itu sampai sempat mendapat kritik karena dirinya sering sekali berselisih dengan anak asuhnya, contohnya pada saat di Barcelona atau Bayern Munchen.

Bersama dengan Blaugrana, Guardiola pernah mencoret nama-nama yang cukup populer seperti Zlatan Ibrahimovic, Cecs Fabregas, hingga Samuel Eto’o. Sementara itu, di Munchen, ia dikabarkan pernah bersitegang dengan Franck Ribery sampai Dante.

Tetapi untuk saat ini pengaruh Guardiola di klub barunya, Manchester City juga cukup dominan. Yaya Toure saja misalnya, yang hingga pada saat ini belum bermain bersama skuat The Citizens akibat dirinya memiliki masalah dengan sang manajer pada saat masih berseragam Barcelona dulu.

“Pep Guardiola, menurut saya lebih baik dalam perihal pemasaran ketimbang kepelatihan klub. Ia memenangi banyak titel bersama Barcelona, tetapi Luis Enrique juga dapat melakukan perihal itu,” kata Luxemburg, seperti dilansir Marca.

Di Barcelona, Guardiola dapat dengan mudah mempersembahkan 14 gelar, termasuk dua trofi Liga Champions pada tahun 2008 dan 2011. Di Bayern Munchen, mantan pemain Brescia tersebut mengoleksi tujuh gelar, termasuk tiga trofi Bundesliga.